Header Ads Widget


 

DINAS PMD KABUPATEN PACITAN SERUKAN NETRALITAS APARAT DESA DALAM PEMILU 2024.

Pacitan RN. .Kancah perpolitan saat ini waktibuanh paling ramai diperbincangkan. Baik di tingkat nasionalmaupun ditingkat paling bawah yaitu masyarakar kecil yang berada di pelosok negeri. Tidak terkecuali Kabupaten Pacitan. 
Dalam suasana seperti ini pemerintah hadir sebagai pengayom masyarakat. Sehingga dengan adanya pemilihan umum ini tidak ada kehebohan atau atau ada gesekan sosial yang terjadi. 
Kabupaten Pacitan yang berpenduduk berkisar 590.000 jiwa ini dan terbagi atas 6 daerah pemilihan,dengan komposisi masyarakat yang majemuk diharapkan mampu mempunyai wakil rakyat dan pemimipin yang berkwalitas. 

Momen pemilihan umum tinggal menghitung hari, tepatnya  hari Rabu 14 Februari 2025,menjelang hari H pemilu biasanya banyak hal akan terjadi trrkait pemilu untuk itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Heri Setijono menghimbau akan hal itu termasuk kenetralan perangkat desa dalam pelaksaan proses sampai dengan hari H pemilu "Seperti kita ketahui bersama Pemilu merupakan hajat orang banyak, sehingga peran pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah Desa sangat besar. Baik dalam proses maupun pada hari pencoblosan, saya menghimbau dan menyerukan bahwa perangkat desa harus netral. Dengan kata lain seorang perangkat desa harus profesional dalam menjalankan tugasnya, dan tidak boleh membantu atau mengkampanyekan salah satu calon atau pasangan calon. Kegiatan perangkat desa juga tidak boleh punya tendensi apa dan siapa, semua program dari pemerintah harus disampaikan kepada masyakat seperti petunjuk. Jangan sampai ada keperpihakan kepada apa dan siapa. Contoh ada pembagian bansos beras kepada masyarakat, itu harus disampaikan bahwa itu memang bantuan pemerintah, kemudian pemberian insentif RT/RW, kenapa dibagikan di awal tahun, itu sesuai petunjuk Bapak Bupati Indrata Nur Bayuaji agar para Ketua RT/RW bisa lebih optimalkan dalam menjalankan tugasnya. Sekali saya tegaskan bahwa Bansos beras dan pembagian insentif tersebut tidak ada hubungannya dengan proses pemilu" jelas Heri Setijono pada awak media 07/02/2024.
Akhir akhir ini sering muncul berita atau iso do berbagai media sosial bahwa ada aparat desa melakukan kampanye dan ikut mengarahkan masyarakat untuk memilih salah satu calon atau pasangan calon. Namun semua itu ditepis dan dibantah oleh Kepala DPMD Pacitan, "Saya tegaskan semua itu hoax dan tidak benar, karena sesuai himbauan bawaslu bahwa perangkat desa sampai ke tingkat RT harus netral. Kalau ada  berita semacam itu saya bisa pastikan bahwa itu hoax. Untuk itu saya tegaskan Aparat Desa Netral dalam pemilihan umum. " pungkas Heri. (Listy) 
Pewarta   : Biro Pacitan
Editor Gandul Asmoro

Posting Komentar

0 Komentar