Header Ads Widget


 

Rayakan Hari Raya Galungan, Umat Hindu Lereng Wilis Gelar Upacara Puja Bhakti


Nganjuk LN. 99.Rangkaian menyambut hari raya Nyepi diantaranya sembayangan Galungan serta puja bakti. Bersama umat Hindu Dari Warga setempat Dan Dari berbagai kota  lain.(28,02,2024)


Galungan ini  rangkainya tidak berbeda seperti  tahun  kemaren yang disambut umat Hindu dengan meriah yang luar biasa . Dan masih ada beberapa rangkaian  upacara yang akan dilaksanakan berikutnya
 Hari raya Nyepinya dan catur bratanya  akan dilanjutkan bersamaan  rangkaian upacara besamanya dengan datangnya  menyambut bulan ramadhan karena kebetulan bersamaan dengan kegiatan puasa romadhon.

Dari DAMPRI selaku Pak Mangku Dan  ketua adat maksud dari Galungan adalah secara universal  yaitu  upacara lahirnya Bumi, saat itu bumi berada di laut kemudian diangkat oleh raksa dan dewa.

Secara kepribadian yaitu  keyakinan umat Hindu berkeyakinan lahirnya sadar, karena dengan kesadaran manusia itu dapat hidup dengan lebih baik," jelasnya itu yang dipetuahkan Bapak mangku (DAMPRI) sebagai ketua adat setempat yang dituturkan kepada kami jelasnya?.

Pemangku Dampri(Ketua adat) menambahkan,kalau upacara perayaan Galungan tahun ini,tak jauh beda dengan tahun lalu.Hal ini karena menjelang Hari Raya Nyepi,yang nanti juga akan ada acara-acara untuk persiapan Hari Raya Nyepi dan nanti yang luar biasa saat Hari Raya Nyepi.

"Karena sebentar lagi juga ada
acara-acara berikutnya terkait dengan
Hari Raya Nyepi,untuk Upacara Galungan pada hari ini tidak berbeda dengan tahun lalu,tapi nanti yang luar biasa adalah pada perayaan Hari Raya Nyepi nya,karena bersamaan dengan Hari Raya
Kuningan," tandas Mangku Dampri.
Masih menurut Mangku Dampri,bahwa Umat Hindu nanti pada bulan Puasa Ramadhan juga melaksanakan puasa catur brata.

"Di Bulan Ramadhan nanti juga mengadakan puasa Catur brata Penyepian,sedangkan untuk makna Galungan,secara universal itu peringati lahirnya bumi,maka di tandai dengan Hari Raya Galungan dan serangkaian lagi acara Ogoh" yang akan dilaksanakan Pada tanggal 10-03-2024. Begitu penjelasan Dari Pak DAMPRI Sebagai Pemangku pure setempat.(Emy) 

Posting Komentar

0 Komentar