Header Ads Widget


 

dr. DARU MUSTIKOAJI :"SEGERAKAN GERAKAN PSN SECARA SERENTAK GUNA MENEKAN KASUS DBD DI KABUPATEN PACITAN "

Pacitan RevolosiNews - Dinas Kesehatan kabupaten Pacitan bekerja keras dalam melaksanakan tupoksinya sebagai ujung tombak dalam menjamin kesehatan masyarakat kabupaten Pacitan.Pemantauan kasus DBD selama Januari - Mei 2024 terpantau sejumlah 364 pasien
Dimana jumlah kasus tertinggi ada di wilayah Puskesmas Tegalombo, Donorojo dan Pacitan 
Perkembangan kasus DBD yang terjadi mengalami pergerakan angka kasus.Terbukti per bulan menunjukkan angka DBD sejak  bulan januari mengalami kenaikan dan angka tertinggi ada pada bulan April 2024 sejumlah 154 kasus.Atas kerja keras dinas kesehatan kabupaten Pacitan kasus DBD menunjukkan penurunan yang sangat drastis pada bulan Mei 2024 yaitu diangka 54 kasus.
Catatan angka ini sedikit melegakan karena berdasarkan catatan angka tertinggi kasus DBD  telah terlampaui pada bulan April dan diharapkan akan terus melandai. 

Meskipun demikian kewaspadaan terhadap bahaya DBD tetap harus ditingkatkan. Pemberantasan sarang nyamuk secara serentak masih merupakan satu satu langkah pencegahan efektif dari demam berdarah. Dengan pemberantasan sarang nyamuk ini diharapkan tidak akan nada nyamuk Aedes Aegypti betina dewasa yang dapat berkembang biak, sehingga siklus hidup nyamuk tersebut dapat diputuskan
Selain langkah PSN(pemberantasan sarang nyamuk ) membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mengkonsumsi makanan dengan menu seimbang dan istirahat yang cukup serta berolah raga teratur akan meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga apabila terdapat virus DBD yang secara tidak sengaja masuk kedalam tubuh, maka tubuh sudah memiliki pertahanan diri (imunitas) yang kuat.
Langkah yang paling efektif  adalah pemeriksaan sedini mungkin ketika mendapati gejala – gejala yang mengarah ke kondisi DBD perlu ditingkatkan, terutama pada kasus anak – anak. Adapun gejala DBD adalah panas tinggi yang tidak turun dengan penurun panas dalam waktu 3 hari, sakit kepala, nyeri perut, mual dan muntah. Apabila masyarakat mendapati gejala – gejala tersebut segera untuk memeriksakan diri ke Puskesmas untuk segera dapat dilakukan penegakan diagnose dan bisa mendapatkan pengobatan dan tata laksana sedini mungkin. 

"Kami harapkan seluruh kader kesehatan untuk bersama sama masyarakat menyegerakan gerakan PSN secara serentak di seluruh wilayah , yang paling efektif dan sangat efesien adalah segera datang ke faskes terdekat atau tenaga kesehatan untuk melakukan pemeriksaan ketika terjadi panas badan yang meningkat atau demam. Sehingga ketika terdiaknosa adanya gejala DBD mudah untuk menangani."  jelas dr. Daru Mustikoaji kepala dinas kesehatan kabupaten Pacitan 06/06/2024.
Kegiatan promotif dan preventif selalu dilakukan sinaa kesehatan kabupaten Pacitan melalui berbagai kesempatan guna menekan perkembangan kasus DBD. (Sonia). 

Posting Komentar

0 Komentar