Header Ads Widget


 

Sebagai Ungkapan Rasa Syukur Warga Masyarakat Kelurahan Guyangan Melaksanakan Tasyakuran Di Makam Mbah Among Joyo Dan Iromoyo



Nganjuk RevolosiNews -  Desa Kelurahan  Guyangan, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Jawa Timur, menggelar kegiatan Nyadran. Atau bersih Desa pada hari  Jum,at, (11/6/ 2024.
Tasyakuran di laksanakan di tempat makam Mbah Among Joyo, dan Iromoyo, pendiri Desa  Kelurahan Guyangan, 
 Kegiatan ini dihadiri kepala Desa kelurahan Eko Murdianto, beserta perangkat, Babinsa, Babinkamtibmas,  tokoh agama, tokoh masyarakat,  RT RW dan seluruh warga. Masyarakat setempat 

Dalam sambutannya,"Eko Murdianto, selaku kepala Desa kelurahan Guyangan, nyadran merupakan kegiatan yang sarat akan nilai budaya adat istiadat sekaligus di dalam keagamaan. 
Kegiatan ini merupakan sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT,  atas segala limpahan rahmat nikmat taufik dan hidayah nya juga rizqi yang telah diberikan  kepada seluruh warga Masyarakat Desa Kelurahan Guyangan, dalam setahun ini.
“Semoga seluruh warga masyarakat Desa Guyangan , terus dianugerahi kenikmatan kesehatan, keselamatan, kesejahteraan, kemakmuran, dan juga hasil bumi yang melimpah. 
Tidak lupa, saya  berpesan kepada seluruh warga masyarakat yang hadir untuk menjaga  budaya yang ada dan melestarikan ya.
 mari saling menghormati dan menghargai terhadap sesama, 
mewujudkan keindahan dalam keberagaman sebagai masyarakat Desa Kelurahan Guyangan yang baik."Tuturnya.
Karno, juga selaku ketua RW mengatakan," tradisi tasyakuran nyadran merupakan selamatan, kegiatan seperti ini di laksanakan setiap tahun nya, 

Tujuannya, sebagai ungkapan rasa syukur warga masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan risqi yang telah di beriakan kepada masyarakat Guyangan.
 Masih kata Karno, kegiatan nyadran seperti sekarang ini, juga menjadi pengingat atau mengingatkan kepada warga masyarakat atas jasa - jasa pendiri Desa. Mbah Among Joyo, dan Mbah  Iromoyo," ucapnya,
Yatimah sala satu warga masyarakat Rt 1 Rw 2, sangat senang dengan adanya moment acara nyadran bersih Desa,
Menurut saya, ini sebagai ajang tali silaturahim antar warga, untuk saling bertemu dan jabat tangan saling maaf memaafkan.
Di lain itu, tujuan utama berdoa kepada tuhan yang maha esa untuk memohon ampunanan agar arwah orang tua, arwah para leluhur juga arwah pendiri Desa Kelurahan Guyangan di ampuni segala dosa-dosanya, 
 ini saya punya rizq, juga ingin  berbagi kepada  anak-anak, juga kaum duafa yang kebetulan juga sama-sama hadir dalam doa bersama, "pungkasya,"(Irno)

Posting Komentar

0 Komentar