Header Ads Widget


 

Waspadai Cuaca Ekstrim,Ini Himbauan Dinkes Pacitan Terkait TBC.

Pacitan Revolosinews - Pacitan wilayah ujung Barat provinsi Jawa Timur selalu ada cerita yang patut untuk dicernati.Sebagai salah satu penyakit menular yang secara umum menyerang paru paru Tuberkulosis yang di sebabkan akibat bakteri mycobacterium tuberkulosis  merupakan penyebab kematian tertinggi kedua setelah covid 19.
Adapun insiden kasus TBC di Indonesia adalah 354 per 100.000 penduduk yg artinya  setiap 100.000 orang di Indonesia terdapat 354 orang di antaranya yang menderita TBC.
Adapun dalam upaya eliminasi TBC di tahun 2030 ada 6 strategi yang di laksanakan oleh pemerintah yaitu Penguatan komitmen dan kepemimpinan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota untuk mendukung percepatan eliminasi TBC, Peningkatan akses layanan TBC bermutu dan berpihak pada pasien,Optimalisasi upaya promosi dan pencegahan, pemberian pengobatan pencegahan TBC dan pengendalian infeks,Pemanfaatan hasil riset dan teknologi skrining diagnosis dan Tatalaksana TBC ,Peningkatan peran serta komunitas, mitra dan multisektor lainnya dalam eliminasi TBC,Penguatan manajemen program melalui penguatan sistem kesehatan. 
"Dengan segala upaya dan kerja keras para tenaga kesehatan dan kader kesehatan kita bertekat untuk memberantas dan mencegah laju atau perkembangan penyakit TBC ini.Terlebih dengan musim pancaroba  ataupun cuaca ekstrim saat ini. Masyarakat dihimbau untuk lebih ekstra dalam menjaga kesehatan, termasuk pola hidup yang sehat.Adapun langkah dan upaya dalam percepatan penanggulangan tuberkulosis ,Pencegahan TBC,Penemuan kasus dan surveilans,Terapeutik/pengobatan,Kolaborasi multisektoral. Dengan langkah tersebut serta dukungan dari semua pihak kami yakin hal ini bisa ditangani"jelas dr. Daru Mustikoaji melalui sambungan medsosnya 03/07/2024.
Penyikapan dan tindakan yang dilakukan oleh OPD yang bertanggung jawab penuh atas data kesehatan di Kabupaten Pacitan benar benar luar biasa bahkan bisa sikatan all out untuk sehat"Ke empat upaya percepatan penanggulangan TBC ini sudah di laksanakan di Kabupaten Pacitan dimana kendala yang di temui lebih banyak ke arah pencegahan penularan antara penderita positif TBC dengan kontak eratnya dalam lingkungan keluarga dan lingkungan kerja.Karena dalam upaya pencegahan penyakit TBC penggunaaan APD terutama masker dalam kegiatan sehari hari harus bisa dibudayakan".imbuh drg. Nur Farida plt Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan pada aqak media(Sonia) 

Posting Komentar

0 Komentar