Header Ads Widget


 

KICK OFF ILP KABUPATEN PACITAN 2024 MENUJU INDONESIA EMAS

"Tujuan Kegiatan Promosi  Kegiatan Kick Off  Semarak Satu Tekad Wujudkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer menuju Indonesia Emas"

Pacitan RevolosiNews  - Tidak ada sesuatu yang datang tiba tiba. Tidak ada akibat tanpa sebab yang menyertainya. Begitu pula dengan tujuan negara terhadap kesejahteraan melalui bidang kesehatan. 
Melalui Kegiatan Promosi  Kegiatan Kick Off  Semarak Satu Tekad Wujudkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer menuju Indonesia Emas diharapkan seluruh tenaga dan petugas kesehatan akan meningkat pengetahuanya,masyarakat dan lintas sektor terkait konsep Integrasi Layanan Primer di puskesmas, pustu dan posyandu akan lebih berkompeten. 
Selain itu kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan dukungan dan support   pemangku kebijakan,  sektoral terkait serta masyarakat  yang berhubungan dengan  konsep Integrasi Layanan Primer baik di Puskesmas, Pustu dan Posyandu.
Kegitan yang digelar di obyek wisata pantai Pancer Door ini membawa suasana yang berbeda.Ribuan masyarakat Pacitan hadir dan menjadi saksi kegiatan yang berskala Nasional tersebut.Bahkan tidak sedikit yang melakukan cek kesehatan gratis yang di laksanakan di sekitar panggung utama.
Salah satu pilar utama dari enam pilar dalam menjalankan Transformasi sistem kesehatan adalah Transformasi Pelayanan Kesehatan Primer.Transformasi  Pelayanan Kesehatan Primer, memiliki 3 fokus kritical point meliputi pelayanan kesehatan berdasarkan Siklus Hidup, 
Ibu Hamil, Bersalin dan Nifas 
Balita dan Anak Pra Sekolah
Usia Sekolah dan Remaja, Usia Dewasa  dan Lansia. 
Mendekatkan Layanan Kesehatan  melalui jejaring  hingga tingkat desa dan dusun karena unit penyedia pelayanan kesehatan Primer  ( puskesmas, pustu) dan posyandu  mempunyai fasilitas dan SDM(sumber daya manusia) yang terstandar,memperkuat pemantauan wilayah setempat  melalui digitalisasi dan pemantauan dengan  dashboard situasi kesehatan perdesa serta kunjungan  rumah  dimana 100% wilayah  dan kondisi kesehatan penduduk akan terpantau secara berkala. 
Guna dapat menyasar ke seluruh lapisan masyarakat kegiatan  Promosi  Launching Kick Off  Semarak Satu Tekad Wujudkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer menuju Indonesia Emas adalah Kepala daerah, Forkompinda,  Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD),  Kepala Puskesmas dan staff di 24 Puskesmas dan segenap masyarakat.   
Point Of View ILP :
"Puskesmas dari pelayanan yang berorientasi pada program  akan berubah menjadi pada pelayanan yang berorientasi pada siklus hidup, Unit Pelayanan di Desa / Kelurahan (Pustu) berorientasi pada siklus hidup dengan tenaga: 1 perawat dan 1 bidan dan 2 orang kader. Posyandu melakukan  pelayanan  berorientasi pada siklus hidup  dari sistem pelayanan 5 meja menjadi 5 langkah pelayanan di Posyandu yaitu                Langkah 1 :Pendaftaran, Langkah 2 : Pengukuran, Langkah 3  : Pencatatan,  Langkah 4 : Penyuluhan, Langkah 5 : Pelayanan Kesehatan ). Pelayanan Kesehatan baik di Posyandu, Pustu dan Puskesmas  akan banyak melakukan kegiatan skreening faktor resiko Penyakit Menular dan Tidak Menular"jelas dr. Daru Mustikoaji kepala dinas kesehatan kabupaten Pacitan sebelum acara dimulai 12/08/2024.(sonia) 

Posting Komentar

0 Komentar